PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Silfia Fitriyani Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang

Keywords:

GeoGebra, STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media GeoGebra berpengaruh terhadap hasil belajar materi pecahan senilai siswa kelas IV SD. Rendahnya hasil belajar matematika khususnya materi pecahan senilai ini dikarenakan guru kurang optimal dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan situasi di masa pandemi ini khususnya pada pembelajaran Guling (Guru Keliling). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV disalah satu SD di Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan. Sampel yang diambil adalah 32 siswa, teknik Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Pada sintak STAD kegiatan belajar dan kuis siswa lebih kondusif dan aktif dalam menggunakan media sehingga proses kerjasama antar siswa sudah terlihat. Karena pemahaman mereka tentang konsep pecahan senilai bertambah sehingga pada pelaksanaan kuis siswa antusias dan aktif dalam menjawab pertanyaan guru. Selain itu kerjasama antar siswa juga terlihat, dimana jika ada siswa yang tidak bisa mengoperasikan media GeoGebra maka siswa yang lainnya membantu menjelaskan bagaimana cara penggunaannya sehingga semua siswa berperan aktif untuk mencoba. Karena disini siswa diberikan media pembelajaran inovatif dan menarik untuk dicoba, tentunya siswa akan lebih senang dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra berpengaruh terhadap hasil belajar materi pecahan senilai siswa kelas IV SD tersebut.

References

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaluddin, P. Elisa, Fauzi. 2018. "Kemampuan Siswa Memahami Konsep Pecahan Senilai Melalui Media Di Kelas IV SD N 22 Banda Aceh". Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Vol.3, No.3, 15-22 Juli 2018.

Bukit, Herawati. 2016. “Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali”. Jurnal Unimed. Vol.5, No.1 (2016).

Evendi H., Y. Umayah. 2018. "Analisis Pemanfaatan Software GeoGebra Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol. 2 No. 4 April (2018) 446-455.

Fitriasari, Putri. 2017. "Pemanfaatan Software GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.Vol.3, No.1 (2017).

Hafidhah, Ika Apriliya Karuni. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dengan Media Papan Alat Indra Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”[SKRIPSI]. Semarang(ID): Universitas PGRI Semarang.

Hayati, F. A. Z. Nasiruudin. 2019. "Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar". Journal of Education, Language Teaching and Science. Vol.1, No.2 Agustus 2019.

Irawan. E. B., W. E. Permadi. 2016. "Memahamkan Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD N Sumberejo 03 Kabupaten Malang". Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 9, Bulan September, Tahun 2016, Hal 1735—1738.

Khaeron. 2012. "Pembelajaran Geometri SD/ MI Menggunakan GeoGebra". Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Volume 04 No.01, (Juni 2012).

Kurniawan D., D. Nurjamil. 2017. "Pendekatan scientific berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan mathematical problem solving". Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 3 No. 1, pp. 13–20, Maret 2017.

Kusmariyatni N., I. P. A. B. Arsana, I. N. Jampel. 2017. “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD”. Ejournal Undiksa. Vol.5, No.2 Tahun 2017.

Mahardhika L. T., N. W. Damayanti, S. N. Mayangsari. 2017. "Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan". Jurnal Ilmiah Edutic. Vol.4, No.1, November 2017.

Marta. R., N.D. Natasya, Y. F. Surya. 2019. "Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan)". Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol.3, No.2 (2019).

Mulyono, R. Maisyarah, E. Syahputra. 2019. "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematis Siswa". Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 12, No.2, Desember 2019.

Negara I. G. A. O, I. M. Giantara, I. B. S. Manuaba. 2014. “Pengaruh penerapan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD gugus V kecamatan Marga”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2, No.1 Tahun 2014.

Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Partadjaya T. R., I. P. R. Sutrisna, D. P. Parmiti. 2013. “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD negeri 1 Pangkungparuk”. Ejournal Undiksa. Vol.1, No.1 (2013).

Permana D., I. P. P. Suryawan. 2020. "Media Pembelajaran Online Berbasis GeoGebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika". PRISMA. Vol. 9, No. 1, Juni 2020.

Pitaloka. D. A, S. Khoiriyah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. UIN Raden Intan Lampung.

Priansa, Donni Juni. 2016. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Purnamasari V, N. Kusumawardani, J. Siswanto. 2018. “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.2, No.2 (2018).

Putri, IkaPuspita. 2018. "Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal JPSD. Vol. 4 No. 1 Tahun 2018.

Rijal. R., Sunariah. 2017. "Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan". Primary: Jurusan Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Vol.9, No.1 (2017).

Rinaldi A., R. D. Purwanti, D. D. Pratiwi. 2016. "Pengaruh Pembelajaran Berbatuan GeoGebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif". Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 1, 2016, Hal 115 - 122.

Sabri, Alfi. 2016. "Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD". Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 16 No.1, Juni 2016 : 114-186.

Safitri. P. E. A., I.M. Suarjana, D. P. Parmiti. 2018. "Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar". International Journal of Elementary Education. Vol. 2, No.2 Tahun 2018.

Sapti M., P. S. A. AMS, N. Kurniasih. . "Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD Dengan Demonstrasi GeoGebra Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa". Ekuivalen-Pendidikan Matematika. Vol.7, No.2 (2014).

Sartinem. 2019. "Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI A SD N 022 Muara Langsat". Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol.3, No.3 Mei 2019.

Sempurna. 2016. “Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika kelas IV SD negeri 040475 Jandimeriah”. Jurnal Unimed. Vol.5, No.1 Juni 2016.

Suarjana I Made. 2018. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitungan Pcahan Siswa Sekolah Dasar”. International Journal Of Elementary Education. Vol.2, No.2 (2018).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukajati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan Di SD Menggunakan Berbagai Media. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Sunyiati. 2021. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Melalui Model Realistic Mathematics Education Siswa Kelas IV SDN 44 Bengkulu Tengah". Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar”. Jurnal PGSD. Vol.14, No.1 (2021).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia GROUP.

Suwasi'ah. 2019. "Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Pecahan Senilai Melalui Media Permainan Kartu Domino". Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika. Vol. 2 No. 1 (2019).

Tamimuddin. M, F. N. Hidayat. 2015. Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Untuk Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wardana. M. Y. S., R. Apriliana, E. E. Subekti. 2021. "Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Dilihat Dari Kemampuan Menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang". Inventa :Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.V, No.1 (2021).

Wawan. 2017. "Eksperimentasi Model Pembelajaran STAD Berbantuan GeoGebra pada Materi Similaritas Ditinjau dari Gaya Belajar". Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1, Juni 2017.

Widiana, N. Japa, Suarjana. 2017 . "Media GeoGebra dalam pembelajaran matematika". International Journal of Natural Science and Engineering. Vol.1, No.2 pp. 40-47.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media & Teknologi Belajar. Jakarta: Prenadamedia GROUP.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 2(1), 9-22. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/14

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.