ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Gender, GeoGebra, Bangun RuangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gender dan GeoGebra. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian, observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini yaitu 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas VIII jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta. Indikator keluwesan, keaslian, dan kelancaran adalah tiga indikator dari kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi perbedaan hasil kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan masalah matematika dimana subjek laki-laki lebih unggul memenuhi setiap indikator dan mampu mengkonstruksikan bangun ruang dengan menggunakan GeoGebra secara tepat dibandingkan dengan subjek perempuan
References
Alkhoiri, M. H., Zuhri, M. S., & ... (2022). Proses Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Pokok Bahasan SPLDV pada Peserta Didik SMA Kelas X Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Imajiner: Jurnal Matematika …, 4(2), 150–155. http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/9198
Asri, D. C., Rahman, B., & Wijaya, S. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Puzzle dan Geogebra. Vygotsky, 2(2), 78. https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.223
Astra, R. R. S., Vilela, A., Pereira, J., & ... (2022). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Yang Telah Memperoleh Pendekatan Rme. … Matematika Inovatif), 5(1), 307–316. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.307-316
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Husain, W., Abdullah, A. W., Katili, N., & Gorontalo, U. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Suwawa Timur Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dari Perbedaan Gender. 1–11.
Leonisa, I., Fajriatur Rohmah, F., Nur Khasanah, A., Faradillah, A., Alyani, F., & Muhammadiyah ProfDRHAMKA, U. (2021). Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Gender. 2, 2716–389.
Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6171
Masythoh, D. N., & Nuriadin, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gender Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1750–1756. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.724
Novianti, F., Nova, T., & Yunianta, H. (2018). BENTUK ALJABAR YANG DITINJAU DARI. 5(1), 120–132.
Permendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Tujuan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. 14–16.
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608
Refiyanti, N. A. D., Ardiansyah, L., Ayu, F., & Miatun, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Belajarnya di Sekolah Kejuruan. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PATTIMURA, 2, 129–138. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i2.1140
Sari, R. M. V. N., Ardana, I. M., & Suweken, G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 99. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8279
Sholihah, F., Suyitno, H., & Dwijanto. (2020). Creative Mathematical Thinking Ability in Creative Problem Solving Model Viewed from Gender. Journal of Primary Education, 9(1), 58–65.
Suprihady, D. (2016). Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Bidang. Makalah IF2123 Aljabar Geometri.
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394
Widyastuti, A. C., Permana, D., & Sari, I. P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dilihat Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 145. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p145-148