ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Gender, GeoGebra, MatriksAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan gender dan Geogebra. Jenis metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini berjumlah 4 pertanyaan berbasis kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari beberapa indikator yaitu Menginterpretasi, Menganalisis, Mengevaluasi, dan Menginferensi. Berdasarkan hasil analisis dari kemampuan matematika menunjukan bahwa terjadinya perbedaan hasil dalam menyelesaikan soal matematika dimana siswa perempuan lebih unggul memenuhi persyaratan dan menggunakan strategi yang tepat setiap indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan laki-laki.
References
Ajeng Daniyati, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50–60.
Anggoro, B. S. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 153–166. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.30
Azis, D. M., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMAN 1 Cisaat. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 193–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.193-206
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51.
Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. … Matematika, 1(November), 435–444.
Hadi, W., & Faradillah, A. (2019). The Algebraic Thinking Process in Solving Hots Questions Reviewed from Student Achievement Motivation. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 327–337. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5331
Hikmah, R., Studi, P., Informatika, T., & Kritis, K. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Geogebra Dalam Meningkatkan. 5(2), 152–161.
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892
Michael Haralambos. (2013). Haralambos & Holborn sociology : themes and perspectives. London : Collins.
Myers, B., & Dyer, J. (2006). The Influence Of Student Learning Style On Critical Thinking Skill. Journal of Agricultural Education, 47(1), 43–52. https://doi.org/10.5032/jae.2006.01043
MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.1038/oncsis.2016.1
Olsson, J. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305.
Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636
Pebrianti, M., Septiana, C., Faradillah, A., & Hadi, W. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Kemampuan Matematis. 2, 90–99.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Simbolon, M., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Efforts to Improving the Mathematical Critical Thinking Student’s Ability through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash. American Journal of Educational Research, 5(7), 725–731. http://pubs.sciepub.com/education/5/7/5
Sukayasa, S. (2014). Karakteristik Penalaran Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–90.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.
Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317
Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548
Susanti, E., & Hartono. (2019). An analysis mathematical problem solving and mathematical critical thinking skills of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012071
Tambunan, H.-. (2020). P Pemodelan Matematika dalam Pendidikan. Sepren, 2(1), 9. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.344
Wahyuni, N. S., & Widayanti, E. (2020). Students’ Errors Analysis in Finishing A Problem Solving Test Based on Newman Procedures in Trigonometry Materials. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(2), 78. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i2.7213
Zhang, C., Wu, J., Cheng, L., Chen, X., Ma, X., & Chen, Y. (2020). Improving the Students’ Creativity in Chinese Mathematics Classrooms. Creative Education, 11(09), 1645–1665. https://doi.org/10.4236/ce.2020.119120