ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA

Authors

  • Devi Yuliana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Fika Rahmah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Ayu Faradillah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Hella Jusra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Gender, GeoGebra, Matriks

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta  mendeskripsikan  kemampuan  berpikir  kritis matematis siswa berdasarkan gender dan Geogebra. Jenis metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini berjumlah 4 pertanyaan berbasis kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari beberapa indikator yaitu Menginterpretasi, Menganalisis, Mengevaluasi, dan Menginferensi. Berdasarkan hasil analisis dari kemampuan matematika menunjukan bahwa terjadinya perbedaan hasil dalam menyelesaikan soal matematika dimana siswa perempuan lebih unggul memenuhi persyaratan dan menggunakan strategi yang tepat setiap indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis dibandingkan dengan laki-laki.

References

Ajeng Daniyati, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 50–60.

Anggoro, B. S. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 153–166. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.30

Azis, D. M., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMAN 1 Cisaat. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 193–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.193-206

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51.

Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. … Matematika, 1(November), 435–444.

Hadi, W., & Faradillah, A. (2019). The Algebraic Thinking Process in Solving Hots Questions Reviewed from Student Achievement Motivation. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 327–337. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.5331

Hikmah, R., Studi, P., Informatika, T., & Kritis, K. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Geogebra Dalam Meningkatkan. 5(2), 152–161.

Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892

Michael Haralambos. (2013). Haralambos & Holborn sociology : themes and perspectives. London : Collins.

Myers, B., & Dyer, J. (2006). The Influence Of Student Learning Style On Critical Thinking Skill. Journal of Agricultural Education, 47(1), 43–52. https://doi.org/10.5032/jae.2006.01043

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.1038/oncsis.2016.1

Olsson, J. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305.

Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636

Pebrianti, M., Septiana, C., Faradillah, A., & Hadi, W. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Kemampuan Matematis. 2, 90–99.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Simbolon, M., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Efforts to Improving the Mathematical Critical Thinking Student’s Ability through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash. American Journal of Educational Research, 5(7), 725–731. http://pubs.sciepub.com/education/5/7/5

Sukayasa, S. (2014). Karakteristik Penalaran Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–90.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.

Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317

Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548

Susanti, E., & Hartono. (2019). An analysis mathematical problem solving and mathematical critical thinking skills of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012071

Tambunan, H.-. (2020). P Pemodelan Matematika dalam Pendidikan. Sepren, 2(1), 9. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.344

Wahyuni, N. S., & Widayanti, E. (2020). Students’ Errors Analysis in Finishing A Problem Solving Test Based on Newman Procedures in Trigonometry Materials. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(2), 78. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i2.7213

Zhang, C., Wu, J., Cheng, L., Chen, X., Ma, X., & Chen, Y. (2020). Improving the Students’ Creativity in Chinese Mathematics Classrooms. Creative Education, 11(09), 1645–1665. https://doi.org/10.4236/ce.2020.119120

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 2(2), 8-26. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/21

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)