PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 11 BEKASI
Keywords:
Contextual Teaching And Learning, Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis MatematisAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dan sampel yang digunakan adalah untuk kelas eksperimen yaitu VIII.B dan kelas Kontrol yaitu VIII.A dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah hasil tes yang terdiri dari 8 item soal essay. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata tes kelas eksperimen adalah 68,42 dan skor rata-rata tes kelas kontrol adalah 58,18. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh yaitu 2,16 > 2,04. Dari hasil analisis tersebut diperoleh temuan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Geogebra dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
References
Amri, S. dan I. K. A. (2010). PROSES PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF DALAM KELAS (D. Haryanto, ed.).
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Hasnawati, -. (2012). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635
Hikmah, R., Studi, P., Informatika, T., & Kritis, K. B. (2020). PENGARUH APLIKASI GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN. 5(2), 152–161.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.1038/oncsis.2016.1
Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168
Sholihah, D. A., Abdullah, A. A., Ata, U. A., & Skills, C. T. (2018). PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN CTL. 5(2), 49–57.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syahbana, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica.