ANALISIS PENGARUH MEDIA BELAJAR GEOGEBRA MATERI PENGUKURAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI GONDANG 04
Keywords:
Motivasi, Pengukuran Waktu, Media Geogebra, Motivation, Time Measurement, Geogebra MediaAbstract
Penelitian ini membahas peningkatan motivasi siswa kelas II dalam menghitung pengukuran waktu melalui media geogebra dalam belajar siswa di SD Negeri Gondang 04. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi siswa terhadap media geogebra dalam belajar materi pengukuran waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data dan informasi yang sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran matematika materi pengukuran satuan waktu dikelas II SDN Gondang 04 sudah berjalan dengan cukup baik, ditambah dengan penggunaan media geogebra semakin memotivasi siswa dalam belajar materi pengukuran satuan waktu dikelas II SDN Gondang 04 meskipun ada sedikit kendala siswa dalam mengaplikasikan, karena siswa belum terbiasa belajar menggunakan sarana media digital seperti laptop/HP. Walaupun begitu siswa tetap bersungguh – sungguh, termotivasi, dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa juga tidak malu dalam bertanya kepada guru dan Sebagian besar siswa tidak ragu dan bersemangat dalam mencoba menggunakan media tersebut. Artinya siswa kelas II SDN Gondang 04 memiliki semangat motivasi belajar yang tinggi.
This study discusses increasing the motivation of grade II students in calculating time measurement through geogebra media in student learning at SD Negeri Gondang 04. The aim is to find out how much influence student motivation has on geogebra media in learning time measurement material. This research uses a qualitative descriptive approach by collecting data and information that is in accordance with the facts in the field. The data obtained were analyzed and presented in a descriptive form. From this research, it shows that the mathematics learning activities on unit time measurement material in class II at SDN Gondang 04 have been going quite well, coupled with the use of GeoGebra media which further motivates students in learning material unit time measurement in class II at SDN Gondang 04 even though there are few student obstacles in applying, because students are not used to learning to use digital media facilities such as laptops/cell phones. Even so students remain serious, motivated and enthusiastic in participating in teaching and learning activities, students are also not shy in asking questions to the teacher and most students are not hesitant and enthusiastic in trying to use the media. This means that grade II students at SDN Gondang 04 have a high enthusiasm for learning motivation.
References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 749–754. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.143
Anderha, R. R., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774
Eliyanti, M. (2016). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SUBANG TAHUN 2013/2014. Volume 04 No 01 Mei 2016. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 04(01), 59–69.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1), 19–35. https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118
Karimah, C. D., Cahyadi, F., & Subekti, E. E. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MATERI PENGUKURAN WAKTU SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 02 SEMARANG. Jurnal Sinektik, 4(1), 19–31. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin
Rachman, T. (2018). Peran Orang Dewasa dalam Kegiatan Bermain Anak di Lingkungan Perumahan Purnamandala Wonosobo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Sehat, D. (2013). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi pengukuran waktu dengan pemanfaatan media jam. Jipp, 2(7). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2707
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560
Sulastri. (2010). Gunawan , 2013 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI IMPLEMENTASI TEKNIK MIND MAPPING DI SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. www repository.upi.edu
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131
Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944