ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DALAM BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA LITERASI NUMERASI DIGITAL DI SD NEGERI GONDANG 04 KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG

Authors

  • Ananda Rizqon Hamami Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Bagus Ardi Saputro
  • Henry Januar Saputra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

Keywords:

Pemahaman, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Media Literasi Numerasi Digital

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana cara siswa kelas IV agar bisa memahami dan mampu dalam menghitung operasi hitung bilangan bulat melalui media literasi numerasi digital menggunakan aplikasi geogebra. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa kelas IV dalam belajar pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui media literasi numerasi digital menggunakan aplikasi geogebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data dan informasi yang sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas IV di SD Negeri Gondang 04 dalam belajar operasi hitung bilangan bulat sudah cukup baik meskipun siswa terkadang masih kesulitan dalam memahami soalnya. Siswa bersungguh-sungguh dalam mendengarkan materi operasi hitung bilangan bulat, siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa tidak malu bertanya mengenai bagian materi operasi hitung bilangan bulat yang susah dipahami, siswa tidak sering mengeluh dalam belajar di kelas, sebagian siswa mencoba belajar media literasi numerasi digital berupa laptop di rumah dan siswa selalu berusaha menyelesaikan tugas maupun latihan soal yang diberikan guru.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnalbasicedu, 6(1), 709–716.

Haderani. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49.

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 23–32.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154.

Kallesta, K. S., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Badas Tahun Ajaran 2016 / 2017. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 51–57.

Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu, 5(3), 1139–1148.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10.

Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68–79.

Pratiwi, I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(4), 436–446.

Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.4(1), 461–470.

Sri mulyani, N. made, Suarjana, I. made, & Tanggu renda, N. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266–274.

Sujadi, A., & Kholidah, I. R. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(3), 428–431.

U. Utami, P. Veryliana, S. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 4 Sidodadi. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 52–62.

Widiawati, N. P., Pudjawan, K., Gd Margunayasa, I. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295.

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DALAM BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA LITERASI NUMERASI DIGITAL DI SD NEGERI GONDANG 04 KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 3(1), 29-43. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/27

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.