DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT PADA KONTEKS NILAI TEMPAT MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV

Authors

  • Dwi Mery Fentianti
  • Bagus Ardi Saputro
  • Filia Prima Artharina

Keywords:

Bilangan Bulat, Nilai Tempat, GeoGebra, Literasi Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dua permasalahan utama, yaitu: (1) apakah desain pembelajaran bilangan bulat dalam konteks nilai tempat dapat mendukung peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV, dan (2) bagaimana tanggapan siswa terhadap desain tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran bilangan bulat dalam konteks nilai tempat efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV, serta bagaimana respons siswa terhadap desain pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan DDR (Didactical Design Research). Populasi yang diteliti adalah semua siswa kelas IV pada tahun pelajaran 2024/2025, dengan sampel yang terdiri dari 5 siswa dan seorang guru kelas yang diwawancarai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang diterapkan cukup efektif dan diterima dengan baik oleh siswa. Respon dan antusiasme siswa terhadap proses pembelajaran juga menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru dapat mengimplementasikan desain pembelajaran tersebut dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti papan bambu dan aplikasi GeoGebra, sebagai inovasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru juga disarankan untuk memberikan soal-soal yang berkaitan dengan literasi numerasi guna lebih mendukung peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa.

References

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3)

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Brendefur, J. L., Strother, S., & Rich, K. (2018). Building place value understanding through modeling and structure. Journal of Mathematics Education.

Chreswell . (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Berbasis Pola Hidup Sehat. Jurnal MathEducationNusantara, 5(2), 57-64.

Eka Sobianti. (2022). Desain Didaktif Perkalian Dan Pembagian Berbantuan Geogebra Untuk Memfasilitasi Literasi Numerasi Siswa SD. Indonesian GeoGebra Journal, 1(1), 27-29.

Farihah, U. (2020). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 11-23.

Fauzi, I., & Arini R. (2021). Desain Didaktis Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran Di Sekolah dasar.Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 1-30.

Fitriani, N., Kadarisma, G., & Amelia, R. (2020). Pengembangan desain didaktis untuk mengatasi learning obstacle pada materi dimensitiga. Aksioma, 9(2), 231-241.

Habinuddin, E., & Binarto, A. (2020). Peningkatan kemampuan pemahaman kalkulus turunan berbantuan geogebra. Sigma-Mu, 10(1), 58–65.

Irianto, A. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Jakarta: Direktorak Jenderal Guru dan

Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jurotun, J. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL- STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 8(1), 35–46

Sadiman, A. S. dkk. (2018). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.

Setiawan, M. A. (2020). belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sujadi, A., & Kholidah, I. R. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(3), 428–431.

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (Vol. 1, pp. 3-12).

Umar, (2018). Desain Didaktis Sifat-sifat Persegi Dan Persegi Panjang Berbasis Permainan Oray-orayab Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 10-20.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT PADA KONTEKS NILAI TEMPAT MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 4(2), 1-15. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/33

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.