ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA PROPOSISI GEOMETRI EUCLID MENGGUNAKAN GEOGEBRA ONLINE
Keywords:
GeoGebra Online, Geometri, Kemampuan Pembuktian, ProposisiAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pembuktian matematis pada proposisi geometri euclid menggunakan geogebra online. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskpriktif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 10 mahasiswa Angkatan 2020/2021 semester dua di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pembuktian matematis yang terdiri dari 5 butir soal. Indicator kemampuan pembuktian matematis yang digunakan adalah 1) mengkritik pembuktian dengan menambahkan, mengurangi, dan menyusun suatu pembuktian matematis, 2) pembuktian secara langsung dan tidak langsung, 3) memvalidasi bentuk pembuktian, dan 4) mengkontruksi pembuktian matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada 1 mahasiswa dari 10 mahasiswa yang mampu pada kemampuan pembuktian matematis pada proposisi geometri Euclid. Geogebra online merupakan sarana atau alat penunjang yang baik untuk mempermudah mahasiswa dalam menggambar dan membuktikan proposisi geometri Euclid.
References
Afandi, A., & Angkotasan, N. (2021). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Deduktif Pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan GURU MATEMATIKA, 1(2), 110–117.
Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1008
Hadi, W., & Handayani, I. (2021). Pelatihan dan Pembuatan Lembar Kerja Siswa pada ( Applet ) Geogebra Online. Solma, 10(01), 194–200.
Hamimi, L., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembuktian Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 16–26. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10124
Lestari, K. E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 128–135.
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga The cause of difficulty in learning the three-dimensional geometry. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836
Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp81-90
Putri, L. A., & Nopriana, T. (2019). Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele Mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, (01), 156–165. Retrieved from http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/849
Saputra, E., Bahri, S., & Fahrizal, E. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra pada Mata Kuliah Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. Jurnal Numeracy, 6(2), 212–217.
Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa Smp Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1196
Supriadi, N. (2015). PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20
Utomo, F. H., Wardhani, I. S., & Asrori, M. A. R. (2015). Komunikasi Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Mata Kuliah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(2), 159. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.37
Waluyo, M. (2016). Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Persamaan Garis (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP Muhammadiyah Sukoharjo). The Progressive and Fun Education Seminar, 90–96.
Yazidah, N. I. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Pembuktian Geometri Euclid Ditinjau Dari Gender Pada Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 71. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp71-80
Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Alternatif Pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.7