KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN GEOGEBRA

Authors

  • Kristianti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Kiki Amalia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Asma Ul Husna Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Ayu Faradillah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Windia Hadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

Keywords:

Kemampuan Penalaran, GeoGebra, Keaktifan Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat sejauh mana kemampuan penalaran matematis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam memecahkan persoalan matematika berdasarkan keaktifan belajar dan geogebra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini menggunakan 2 subjek yang terdiri dari 1 siswa aktif dan 1 siswa tidak aktif. Instrumen yang pada penelitian ini adalah instrument tes uraian Transformasi Geometri berbasis augmented reality dan Wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mencari siswa aktif dan tidak aktif melalui guru matematika di sekolah tersebut, kemudian mengurutkan skor dari yang tertinggi sampai terendah. Hasil penelitian yang didapat terhadap indikator kemampuan penalaran melalui 2 subjek berdasarkan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu S1 (siswa aktif) dan S2 (siswa tidak aktif) ditemukan bahwa pada S1 memenuhi 2 indikator kemampuan penalaran yaitu membuat prakiraan dan membuat kesimpulan tetapi tidak lengkap dalam melaksanakan perhitungan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat, serta pada S2 memenuhi 1 indikator penalaran yaitu membuat kesimpulan tetapi tidak melaksanakan perhitungan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat dan  tidak membuat gambar menggunakan geogebra maupun manual dari prakiran yang sudah di dapat. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan indikator kemampuan penalaran yang paling unggul adalah S1 (siswa aktif) dibandingkan S2 (siswa tidak aktif). Untuk peneliti selanjutnya adalah jika peneliti lainnya tertarik dengan memilih topik penelitian ini, maka peneliti selanjutnya dapat menunjukkan bahwa soal tes uraian dapat membantu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

References

Agus Priyanto, A. Y. T. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA MENGGUNAKANGEOGEBRAPADA MATERI TRIGONOMETRI. 2(2), 278–285.

Alsalamah, N. A., Sina, I., & Matematika, J. P. (2018). Page 62 of. 1(1), 62–69.

Ansori, Y., Herdiman, I., Fajriah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296.

Astiati, S. D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239

Ayu Faradillah, Raharjo Mahendro Santoso, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 19–29.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(1), 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Hasya Putri Afifan, E. S. (2020). Deskripsi Kemampuan Penalaran Adaftif Siswa di SMP Negeri 5 Purwokerto Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 34. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7344

Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Gender. (2021). 2, 2716–389.

Kurnawati, K., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Keaktifan belajar terhadap pembelajaran matematika pada kelas vii 1). 8(2), 613–620.

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Mardiyah, N., Nabilah, N. A., Billah, K. I. A. A., Jannah, W., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13–31. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10

Meirawati Handayani, I., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Development of Geogebra-Assisted Mathematics Learning Media on Geometry Transformation Materials. Jurnal Equation, 4(1), 47–59.

Pitriati, P. (2019). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP 30 Padang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 235–244. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4397

Retno Siswanto. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Banten). Implementation Science, 39(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Serli Evidiasari, Subanji, S. I. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative Pada. 2, 11–23.

Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan. In PustaKA Ellios (pp. 1–55).

Suciati, I., & Mailili, W. H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. 7(1), 27–42.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 993. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). ANALISISKEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMPPADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN GEOGEBRA. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 3(1), 1-14. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/25

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)