ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan Penalaran Peserta didik, GeoGebra, Gender, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penyelidikan mengenai analisis terhadap kemampuan penalaran matematis yang dimiliki oleh siswa SMP berdasarkan gender dengan memanfaatkan aplikasi Geogebra. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif deskriptif adalah metode dengan indikator yang berbentuk dokumen dan pada hakekatnya berupa cerita, bukan berupa gambar berdasarkan citra objek, tujuan, atau lingkungan sosial. Jumlah subjek yang dipakai pada penelitian ini berjumlah dua subjek. Dengan 1 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa laki-laki kelas VII. Penelitian ini memiliki 4 indikator yaitu melakukan perhitungan matematika bedasarkan pada rumus yang berlaku, mengambil kesimpulan yang umum berdasar pada konsep matematika yang diperlihatkan, membuat sebuah perkiraan, dan yang terakhir mengambil sebuah kesimpulan berdasarkan kesamaan langkah konsep matematika yang terlihat. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kemampuan penalaran matematis yang dimiliki oleh S1 dan S2 dapat dikategorikan unggul. Namun, ditemukan juga perbedaan antara S1 dan S2 pada saat mengerjakan soal untuk indikator ke-2 dimana siswa dengan gender perempuan menggunakan langkah seperti apa yang diharapkan oleh peneliti, sedangkan siswa dengan gender laki-laki cenderung menggunakan cara lain yang dinilai lebih mudah untuk menyelesaikan soal indikator ke-2 tersebut.
References
Ahmad, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi,
I. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21.
Amir MZ, Z. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12, 14–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Aprilianti, Y., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Peserta didik SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532.
Arnanda, A. N., Dafik, D., Oktavianingtyas, E., Harmi, H., & Firmani, I. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Geogebra dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 38. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24374
Ayuni, R., Firmansyah, D., Senjayawati, E., & Maya, R. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Materi Lingkaran. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 139.
https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.212
Faradillah, A. (2018). Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Pre-Service Mathematics Teachers in Solving Algebra Problem Based on Reflective and
Impulsive Cognitive Style. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 119–128. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2333
Han, J. (2013). Scientific reasoning: Research, development, and assessment. The Ohio State University.
Hunt, T., Carper, J., Lasley, T., & Raisch, C. (2013). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Encyclopedia of Educational Reform and Dissent, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438
Hübner, N., Wille, E., Cambria, J., Oschatz, K., Nagengast, B., & Trautwein, U. (2017). Maximizing gender equality by minimizing course choice options? Effects of obligatory coursework in math on gender differences in STEM. Journal of Educational Psychology, 109(7), 993.
Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Peserta didik SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87.
https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta didik SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107.
https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003
Nur, I. M. (2016). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika.
Nurhayati, S., & Rosyidi, A. H. (2015). Kemampuan penalaran siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal kesebangunan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2, 9–17.
Pahrudin, A., Ahid, N., Joemsittiprasert, W., Huda, S., Ardianti, N., Putra, F. G., & Anggoro, B. S. (2020). The Effects of the ECIRR Learning Model on Mathematical Reasoning Ability in the Curriculum Perspective 2013: Integration on Student Learning Motivation. European Journal of Educational Research, 9(2), 675–684. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.675
Payadnya, I. P. A. A. (2019). Investigation of students’ mathematical reasoning ability
in solving open-ended problems. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1).
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012016
Raharjo, M. S., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 19–29.
Ruhela, R. (2014). The pain of the slow learners. Online International Interdisciplinary Research Journal, 4(4), 193–200.
Salam, M., & Salim. (2020). Analysis of Mathematical Reasoning Ability ( MRA ) with the Discovery Learning Model in Gender issues. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 137–150.
Siswanti, R. E. (2016). Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal MathEdunesa, 2(5). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25p
Subekti, F. E., Zaenuri, & Wardono. (2021). Students’ mathematical reasoning abilities on number sequence pattern material: viewed from a gender perspective. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042107
Triyadi, R. (2013). Kemampuan matematis ditinjau dari perbedaan gender. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Peserta didik Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920
Wulandari, O. (2017). Pemeliharaan Hubungan Antara Orangtua Yang Bercerai Dan Anak (Studi Kualitatif Deskriptif Komunikasi Antarpribadi Antara Orangtua Yang Memiliki Hak Asuh Dengan Anaknya). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(1), 3–18. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2928
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018a). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018b). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414