ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
GeoGebra, Pemahaman Konsep, GenderAbstract
Dalam kehidupan, pembelajaran matematika termasuk salah satu pembelajaran yang sangat dibutuhkan karena berhubungan dengan penanaman konsep pada siswa. Tujuan dari pembelajaran matematika salah satunya yaitu siswa diwajibkan untuk memahami konsep matematika itu sendiri. Indikator yang terdapat dalam kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa meliputi (1) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, (2) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, (3) menyajikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, (4) memberikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi. Tujuan penelitian ini ditujukan agar dapat mengukur kemampuan siswa SMA terhadap pemahaman konsep matematika berdasarkan gender. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa SMA, yang terdiri dari 1 siswa dengan gender laki-laki dan 1 siswa dengan gender perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa perempuan dapat memenuhi 4 indikator sedangkan siswa laki-laki hanya memenuhi 3 indikator. Dan disimpulkan siswa SMA pada materi persamaan kuadrat berdasarkan gender bahwa siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki.
References
Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Anwar, C. A. H. F. S. (. (2019). emampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 61–178.
Ananda, M. I., Makmuri, & Lukman El Hakim. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Geogebra di Kelas XI IPS 1 SMA Diponegoro 1 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.04
Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Jati, H. S., Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & ... (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. … Matematika …, 2, 22–34.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.
Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Mohajan, H. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48.
Nur, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. 16(2), 1–6.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Prasetya, A. (2016). Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif. In 11 Januari 2020 (p. 1).
Rohmah, E. A., & Wahyudin, -. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 126. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self- Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290.
Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7385
Wulandari, R. (2015). Pengembaagan Media Pembelajaran Matematika Interaktif berbantuan geogebra dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan lingkaran untuk siswa kelas XI. Skripsi.