PEMBELAJARAN BERBANTUAN GEOGEBRA BERDASARKAN STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA

Authors

  • Sefnad A. M. Lakusa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Adit Nabuasa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Irna Karlina Sensiana Blegur Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

Keywords:

GeoGebra, Kognitif

Abstract

Dalam kurikulum yang berlaku di Indonesia sekarang, siswa yang menjadi pusat pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilisator. Oleh karena itu, perlu pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat agar kegiatan pembelajaran dapat berlangung secara efektif dan efisien. Pemilihan strategi dan media pembelajaran haruslah memperhatikan struktur kognitif manusia. Selain itu, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika juga diperlukan bantuan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan adanya bantuan teknologi, siswa akan lebih mudah menvisualisasikan bentuk dan memahami konsep pada materi yang diajarkan. Salah satu media yang dapat menjawab hal tersebut adalah geogebra. Artikel ini merupakan study literature yang bertujuan untuk membahas tentang pembelajaran berdasarkan struktur kognitif manusia. Lebih lanjut contoh penerapan pembelajaran berbantuan geogebra berdasarkan struktur kognitif manusia juga dibahas dalam artikel ini.

References

Amir, Zubaidah & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ardayeni, E., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2019). Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 26-35.

Asrifan, A., Muthmainnah., & M, Nur A. (2021). Book Review: Brian H. Ross. 2003. The Psychology of Learning and Motivation: Advances in Researches and Theory Volume 43: Elsevier Science (USA).

Baddeley, A. D., Graham, J. H., & Allen, R. J. (2018). From Short-term to Multicomponent Working Memory: The Role of The Modal Model. Memory & Cognition, 47, 575-588.

Blegur, I. K. S., Oktaviani, N., & Retnowati E. (2017). Apakah strategi goal-free dapat memfasilitasi literasi matematika siswa?. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017: Membudayakan Literasi Matematiika di Era Digital, 359-364. Yogyakarta: Universitas Negeri

Blegur, I. K. S., & Retnowati, E. (2018). Design of Goal Free Problems For Learning Central and Inscribed Angles. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012128.

Chandler, P. & Sweller, J. (1991). Cognitive Load and The Format Instruction. Cognition and Instruction, 8(4), 293-332.

Damayanti, F. (2013). Pembelajaran Berbantuan Multimedia Berdasarkan Teori Beban Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Program Linear Siswa X TKR 1 SMKN 1 Doko. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 133-140.

Habsy, A. (2017). Seni memahami penelitian kualitatif dalam bimbingan dan konseling : Studi literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Mattappa, 1(2), 90.

Kalyuga, S. (1998). Studies in Split-attention and Redudancy (thesis).

Mayer, R. E. & Anderson, R. B. (1992). The Instructive Animation: Helping Students Build Connections Between Words and Pictures in Multimedia Learning. Journal of Educational Psychology, 84(4), 444-452.

Miller, G. A. (1956). The Magical Number Seven, Plus or Minus Two: Some Limits on Our Capacity for Processing Information. Psychological Review, 63(2), 81.

Nabuasa, A., & Blegur, I. K. S. (2022). Faded Example Sebagai Alat untuk Memfasilitasi Pembelajaran Matematika Sekolah. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(1), 83-89.

Paas, F., Renkl, A., & Sweller, J. (2003). Cognitive Load Theory and Instructional Design: Recent Developments. Educational Psychologist, 38(1), 1-4.

Pambayun, H. & Retnowati, Endah. (2018). Penerapan teknik Faded example untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pengayaan trigonometri SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 73-81.

Putranto, S., & Fahuzan, K. (2017). Implikasi Teori Beban Kognitif dalam Merancang Pembelajaran Matematika Bermakna. In Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Retnowati, E. (2008). Keterbatasan Memori dan Implikasinya dalam Mendesain Metode Pembelajaran Matematika. Seminar Memori dan Pendidikan Matematika. 359-372.

Shiffrin, R. M. (1973). Information Persistence in Short-term Memory. Journal of Experimental Psychology, 100(1), 39-49.

Smaldino, SE., Lowther, DL., & Russell, JD. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Terjemahan Arif Rahman. Jakarta: Kencana.

Suwarno, M. (2020). Teori Beban Kognitif dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 117-125.

Sweller, J., Ayres, Paul & Kalyuga, Salva. (2011). Cognitive Load Theory. London: Springer.

Sylviani, S., & Permana, F. C. (2019). Pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar menggunakan aplikasi geogebra sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi geometri. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(1), 1-8.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

PEMBELAJARAN BERBANTUAN GEOGEBRA BERDASARKAN STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 3(1), 59-74. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/29

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.