ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Gender, GeoGebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan gender dan Geogebra dalam menyelesaikan masalah matematika. Menurut penelitian sebelumnya, tidak ada penelitian yang berfokus pada gender dan Geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jumlah populasi penelitian ini adalah 64 siswa, yang terdiri dari: 21 siswa laki-laki dan 43 siswa perempuan. Pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah ditinjau berdasarkan tiga tingkat kemampuan berpikir kritis, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Proses pemilihan subjek ini menggunakan tabel Wright Maps di Winsteps aplikasi versi 3.73. Subjek terpilih diberikan instrumen dan wawancara untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S1 lebih unggul dari S2, pada tahap interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi.
References
Abidin, Z. (2012). Intuisi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Pemecahan Masalah Matematika Divergen. Madrasah, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1442
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Arif, M., Hayudiyani, M., & Risansari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tkj Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di Smkn 1 Kamal. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383.g2510
Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291
Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2013). Rasch analysis in the human sciences. Springer. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1007/978-94-007-6857-4
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Chan, S., Looi, C., & Sumintono, B. (2020). Title Author ( s ) Source Published by Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students : A Rasch model measurement analysis Journal of Computers in Education , ( 2020 ) Copyright © 2020 Springer This is a post-peer-review , p. Journal of Computers in Education, 8(2), 213–236. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s40692-020-00177-2
Dewey, J. (2013). Democracy and education. Equality Issues for the New Millennium, 142–156. https://doi.org/10.4324/9780429448706-20
Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Educational Researcher, 18(3), 4–10. https://doi.org/10.3102/0013189X018003004
Faradillah, A., & Fadhilah, Y. H. R. (2021). Mathematical Problem-Solving on Slow Learners Based on Their Mathematical Resilience. Jurnal Elemen, 7(2), 351–365. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3321
Fiorella, L., Yoon, S. Y., Atit, K., Power, J. R., Panther, G., Sorby, S., Uttal, D. H., & Veurink, N. (2021). Validation of the Mathematics Motivation Questionnaire (MMQ) for secondary school students. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00307-x
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tkj Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di Smkn 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(2), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383
Hidayanti, R., Alimuddin, & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3913
Hikmah, R., Studi, P., Informatika, T., & Kritis, K. B. (2020). Pengaruh Aplikasi Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Smpn Cibinong. 5(2), 152–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i2.6908
Hyde, J. S., & Linn, M. C. (1988). Gender differences in verbal ability: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 104(1), 53–69. https://doi.org/10.1037//0033-2909.104.1.53
Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Masruroh, S., Listiwikono, E., & Yohanes, B. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Operasi Bentuk Akar Berdasarkan Gender. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.399
Mujib, M. (2019). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori Bloom Ditinjau Dari Kecerdasan Multiple Intelligences. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 87–103. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3534
Mujib, M., & Mardiyah, M. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2024
Mustika, H., Astuti, P., Yunita Ningsih, S., Hista Medika, G., Tri Arjelia, H., & Fitri, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Perbedaan Gender. Ensiklopedia of Journal Perancangan, 4(2), 198–204. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/eoj.v4i3.1024
Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636
Prihatiningtyas, N. C., & Rosmaiyadi, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran Jucama pada Materi Trigonometri. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 27. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2301
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10
Sulistiyawati, S., & Andriani, C. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1289
Sumintono, B. (2018). Rasch Model Measurements as Tools in Assesment for Learning. 173(Icei 2017), 38–42. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.11
Ummi Athifah, H. K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender. Journal of Honai Math, 2(2), 268–276. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2253
Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko, J. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66