ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan Penalaran, Gender, GeoGebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa sekolah menengah atas dalam menyelesaikan matematika berdasarkan gender dan geogebra. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 2 subjek yang terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan. Instrument penelitian pada penelitian ini yaitu instrument tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes uraian geometri ruang yang bertujuan untuk melihat kemampuan kemampuan penalaran siswa yang ditinjau berdasarkan kriteria kemampuan matematis siswa dan gender. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan mengurutkan hasil jawaban siswa dari yang tertinggi hingga terendah. Hasil penelitian terhadap indikator kemampulan penalaran yang didapatkan melalui 2 subjek berdasarkan tingkat gender yaitu laki-laki (S1) dan perempuan (S2) terhadap tingkat kemampuan penalaran ditemukan bahwa pada S1 memenuhi 3 indikator kemampuan penalaran yaitu melaksanakan perhitungan, memuat perkiraan dan menarik kesimpulan karena mampu menentukan model proses penyelesaian dan jawaban secara sistemeatis. Kemudian untuk S2 masih kurang dalam memenuhi indikator perkiraan sedangkan untuk indikator perhitungan dan kesimpulan tidak memenuhi karena terdapat beberapa soal yang tidak diselesaikan. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan indikator kemampuan penalaran yang paling unggul yaitu laki-laki dari pada perempuan. Hal ini dapat dibuktikan melalui cara menyampaikan jawaban tes dan wawancara antara subjek laki-laki dan perempuan, dimana laki-laki lebih cenderung ke tingkat logika dan perhitungan sedangkan subjek perempuan lebih cenderung ke tingkat menganalisis.
References
Alfionita, F., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 950–956.
Bedilius Gunur, & Apolonia Hendrice Ramda. (2020). Model Problem Based Learning Dan Prespektif Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Numeracy, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1000
Charles Agyei Amoah, E. E. (2018). Assessing the reasoning skills of biology students in selected senior high schools in the central region of Ghana. International Journal of Scientific Research and Management, 299-304
ERDEM, E., & GÜRBÜZ, R. (2014). an Analysis of Seventh-Grade Students’ Mathematical Reasoning. Cukurova University Faculty of Education Journal, 44(1), 123. https://doi.org/10.14812/cufej.2015.007
Fauziah, I. A., Saputri, K. D., Faradillah, A., Fitri, & Alyani. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi dimensi tiga. 4(1), 337–348.
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 2(2), 93–102.
Ida Nuraida. (2020). Pemamfaatan ICT dalam Pembelajaran dan Aplikasi. Gamma NC.
Khotimah, R. P. (2022). Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Bendosari. 5(3), 681–692. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.681-692
Kondo, S. A. S., Side, S., & Minggi, I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau dari perbedaan Gender Pada SMP Negeri 8 Makassar. Eprints Universitas Negeri Makassar, 53(9), 1689–1699. http://eprints.unm.ac.id/11524/
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Leonisa, I., Fajriatur Rohmah, F., Nur Khasanah, A., Faradillah, A., Alyani, F., & Muhammadiyah ProfDRHAMKA, U. (2021). Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Gender. 2, 2716–389.
Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematik pada materi bangun ruang sisi datar dengan analisis kesalahan newman. 1(4), 493–504.
Mik Salmina, S. K. N. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa berdasarkan Gender pada Materi Geometri. The New Oxford Shakespeare: Modern Critical Edition, 5(April 2018), 1090–1092. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00209148
Nuralam, N., & Maulidayani, M. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Air. Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997
Non Erna Sri Utami, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 144-149.
Octriana, I., Putri, R. I. I., & Nurjannah, N. (2019). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Pmri Dan Lslc. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 131–142. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142
Prajono, R., Rahmat, Maryanti, E., & Salim4. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208–218.
Putri, F. F. W., & Dr. Masiyah, M. P. (2019). Profil Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Mathedunesa, 8(58), 38–45.
Rahmadi, A. Z., Sari, N. P., Juliana, S., & Rahman, B. (2015). Studi Literatur : Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 49–56.
Rahman, L., Fitraini, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 001. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7467
Rahmawati, F., Nurul Aini Adiningsih, Lia Listiati, Silfiana Sulistyani, Novia Anjani, & Bagas Setya Basuki. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemaritiman dengan Prosedur Newman Ditinjau dari Gender. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.52488/saintara.v5i2.94
Rinny Anggraeni, I. H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 19-28.
Rokhima, W. A., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019). Mathematical reasoning of student in senior high school based on gender differences. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012092
Rowiyanti, R. D., Mutakin, T. Z., & Musruroh, A. (n.d.). Analisis Kemampuan Penalaran Peserta Didik kelas VIII Di SMP Negeri 30 Bekasi Pada Materi Bangun Ruang sisi Datar. 80, 431–436.
Sardia, M. M. (2020). Kemampuan Penalaran Siswa Sanguinis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Gender. Pedagogy, 135-144.
Sofia Nida Khoerunnisa, Nani Ratnaningsih, S. R. M. (2020). Analisis kemampuan penalaran induktif matematik peserta didik ditinjau dari gaya belajar silver dan hanson. 2(1), 67–78.
Umar Sidiq, M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Vita Ria Syafitri, K. M. (2021). Analisis Kesalahan Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2998-3008.
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414.
Zhu, Z. (2007). Gender differences in mathematical problem solving. International Education Journal, 187-203.