ANALISA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATRIKS BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA
Keywords:
Kemampuan pemahaman konsep, Gender, GeoGebraAbstract
Kemampuan memahami konsep matematika sangat penting karena merupakan salah satu tujuan pendidikan dan dasar dari semua matematika yang diajarkan di sekolah. Indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meliputi (1) merumuskan kembali konsep, (2) mengelompokkan benda menurut sifat-sifat tertentu menurut konsep, (3) menyajikan contoh bukan contoh konsep, (4) berbagai format, termasuk representasi suatu konsep dalam . Representasi matematis, (5) pengembangan kondisi yang diperlukan atau cukup untuk suatu konsep, (6) penggunaan, penggunaan dan pemilihan prosedur atau proses tertentu, (7) penerapan konsep dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan siswa sekolah menengah dalam memahami konsep matematika berdasarkan jenis kelamin dengan bantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan, dua siswa sekolah menengah atas berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasilnya, ditemukan bahwa siswa perempuan memahami konsep lebih baik daripada siswa laki-laki. Siswa perempuan dapat mencapai 6 indikator dan siswa laki-laki hanya dapat mencapai 5 indikator
References
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Faradillah, A., Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Faradillah, A., Pangestu, K. A., Ramadhina, A. L., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2, 22–34. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/4169%0Ahttps://ojs3.unpatti.ac
.id/index.php/mathedu/article/download/4169/3768
Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493
Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 142–149.
Haswati, D., & Nopitasari, D. (2019). Implementasi bahan ajar persamaan diferensial dengan metode guided discovery berbantuan software mathematica untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97–102.
https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1358
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.
Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517
Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709
Mukrimatin, N. A. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika.
KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Zamzaili, & Herawaty, D. (2019). Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Youtube dengan Pendekatan Etnomatematika. Jpmr, 04(01), 96–106. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Pratiwi, K., Bahri, S., & Pratiwi, D. D. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender dengan Pendekatan STEM pada Modul Matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 39–51. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.39-51
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al- Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131
Sari Puspa, E. F. (2017). PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN
LEARNING STARTS WITH A QUESTION. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 35– 37.
Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7385