PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Vinda Dwita Anjarsari Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Video Pembelajaran, Kontekstual, Software GeoGebra, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Juwana yang bertujuan untuk mengetahui apakah video pembelajaran berbasis kontekstual berbantuan software geogebra meningkatkan hasil belajar siswa, mengetahui kepraktisan video pembelajaran berbasis kontekstual berbantuan software geogebra sebagai media pembelajaran, serta mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan video pembelajaran berbasis kontekstual berbantuan software geogebra. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima fase (A)nalysis, (D)esign, (D)evlopment, (I)mplementation, (E)valuation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual berbantuan software geogebra dinyatakan valid atau layak digunakan dengan melihat penilaian ahli media sebesar 86,7% dan ahli materi sebesar 96%. Hasil uji coba lapangan berdasarkan angket respon siswa peserta didik layak digunakan dengan rata-rata keseluruhan sebesar 89,07%. Serta pengembangan video pembelajaran berbasis kontekstual berbasis software geogebra dapat meningkatkan hasil belajar dengan dilakukan cara membandingkan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol yaitu 0,5265 > 0,4851. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis kontekstual berbantuan software geogebra dapat meningkatkan hasil belajar.

Author Biography

  • Muhammad Prayito, Universitas PGRI Semarang

    Alicea, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantu Prezi Dan Geogebra Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Smp. Aksioma, 7(2), 32.

    Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182.

    Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M.P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

    Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251-255.

    Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

    Saputro, B. A., Muhammad Prayito. & Farida Nursyahiddah. (2015). Geogebra Media Pembelajaran Matematika Dinamis Di Sekolah. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.

    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning dan think pair share berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 1-9.

    Wijayanti, D. A., Makmuri, M., & Indrawati, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2021, 5.2: 1739-1749.

References

Alicea, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantu Prezi Dan Geogebra Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Smp. Aksioma, 7(2), 32.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M.P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251-255.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Saputro, B. A., Muhammad Prayito. & Farida Nursyahiddah. (2015). Geogebra Media Pembelajaran Matematika Dinamis Di Sekolah. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning dan think pair share berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 1-9.

Wijayanti, D. A., Makmuri, M., & Indrawati, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2021, 5.2: 1739-1749.

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 2(2), 1-7. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/20

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.