DESAIN DIDAKTIS PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SD

Authors

  • Jihan Caesar Ardiyani Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

GeoGebra, Desain Didaktis, Literasi Numerasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran perkalian dan pembagian kelas VI di salah satu SD yang ada di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal yang belum sepenuhnya memusatkan kemampuan literasi numerasi selain itu bahan ajar atau media yang belum mendukung untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran perkalian dan pembagian dengan tetap memusatkan kemampuan literasi dan numerasi di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh desain didaktis pembelajaran perkalian dan pembagian berbantuan dengan GeoGebra untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode DDR (Didactical Design Research), pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah terciptanya sebuah desain didaktis dengan berbantuan GeoGebra untuk memfasilitasi literasi numerasi siswa kelas VI di SD tersebut.

References

Andini, Dwi, dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/150. Diakses 10 Juni 2021

Annizar,Edya Kresna. 2016. Desain Didaktis Pada Konsep Luas Daerah Trapesium entuk Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Aminudin, A.H, Yudi. D, Heni. R. 2016. Didactical Design Research (Ddr) Pada Hukum Pascal Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Man Cililin Kabupaten Bandung Barat. Journal of Teaching and Learning Physics (uinsgd.ac.id) . Diakses 10 Juni 2021

Astutik, Ida Sri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran “Kalingga” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian dan Pembagian. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-35- Astutik.pdf . Artikel. Diakses 7 Juni 2021

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs _2004.pdf. Diakses 10 Juni 2021

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.geogebra.org/publication s/2008-ICME-TSG16-CalculusGeoGebra-Paper.pdf. Diakses 10 Juni 2021

Nopiyani D., Turmudi, & Prabawanto S. 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_1 . Diakses 10 Juni 2021

Mahmudi, Ali. 2011. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Makalah+17+Semnas+LPM+UNY+2011+_Pemanfaatan+GeoGebra+dalam+Pembelajaran+Matematika_.pdf. Diakses 10 Juni 2021

Maulidina, AP & Sri H. 2019. Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD . Artikel. Diakses 7 Juni 2021

Nur, Isman.M. 2016. Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/viewFile/236/188. Artikel. Diakses 10 Juni 2021

Rosyadi, Widiya.2016. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Winong Kabupaten Pati . Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Suryadi, Didi. 2010. Penelitian Pembelajaran Matematika Untuk Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hlm.3- 13). Yogyakarta : Universita Negeri Yogyakarta

Syahrul, Sulvia & Epon.N. 2018. Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Berbasis Permainan Congkak di Sekolah Dasar. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index. Artikel. Diakses 7 Juni 2021

Tim GLN. 2017a. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kemdikbud.

Wahyuningtyas, Dyah Tri & Iskanar.L. 2016 . Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayangmatika. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/4051. Artikel. Diakses 7 Juni 2021

Published

2024-10-04

How to Cite

DESAIN DIDAKTIS PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI LITERASI NUMERASI SISWA SD. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 1(1), 22-35. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/6

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.