PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS CTL BERBANTUAN GEOGEBRA

Authors

  • Alifia Jehan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Dina Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Ali Syahbana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang

Keywords:

E-Modul, GeoGebra, Lingkaran, CTL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi Lingkaran kelas XI SMA/MA yang valid, praktis, dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Objek penelitian ini adalah kualitas e-modul pada materi lingkaran berbasis CTL berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh validator berdasarkan aspek isi, konstruk, dan bahasa dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 63 dan dikategorikan valid. E-modul juga dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan diperoleh nilai 59,86 untuk kelompok kecil (small group) dan 60,5 untuk kelompok besar dengan rata-rata nilainya 60,18 dan e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 78,85 dengan memenuhi kriteria baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa e-modul pada materi Lingkaran berbasis CTL berbantuan GeoGebra valid, praktis dan memiliki efek potensial pada hasil belajar peserta didik.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBASIS KONTEKS. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education , 2 (1), 6.

Afrita, N. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Lingkaran Kelas XI IS SMA N 2 Batusangkar. Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA , 01.

Agustianingsih, A. (2020). Pengembangan bahan ajar materi bangun ruang sisi datar berdasarkan pendekatan open ended berbantuan geogebra pada siswa kelas VIII. Palembang: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang.

Febrina, T., Leonard, & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) , 6 (1).

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (FULL ONLINE) DIMASA PANDEMI COVID- 19 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang , 4 (1), 1.

Hariyanti, L. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam matapelajaran matematika pada materi lingkaran. Medan: Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Japa, N., Suarjana, & Widiana. (2017). MEDIA GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. International Journal of Natural , 1 (2).

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri. Jurnal Mercumatika , 1 (2), 122.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mulbasari, A. S., & Surmilasari, N. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal Elemen , 4 (2), 198.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). ANALISIS HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 1 (3), 361.

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) , 3 (2), 307.

Octaria, D., Zulkardi, & Somakim. (2013). Pengembangan Website Bahan Ajar Turunan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan , 107-115.

Romansyah, Suriyani, & Safitri, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal MathEducation Nusantara , 2 (2), 133-138.

Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika. Sukabumi: CV Jejak.

Utami, T. W., & Yuwaningsih, A. D. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL PADA POKOK BAHASAN TURUNAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PRO UNTUK SISWA SMA KELAS XI. KONFERENSI ILMIAH PENDIDIKAN UNIVERSITAS PEKALONGAN , 157-158.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS CTL BERBANTUAN GEOGEBRA. (2024). INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 2(1), 1-8. https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/13

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.